MEMBUAT KALIMAT (2)

Nah beberapa hari yg lalu kita udah mencoba membuat kalimat dengan kata kerja (verb) sekarang kita mau mencoba membuat kalimat dg jenis kata yg lain yaitu :
a. kata benda / noun ( student, teacher, girl )
b. kata keterangan / adverb (here)
c. kata sifat / adjective (clever, fine )
bedanya apa ya kira2….
Ya jelas beda dong, lihat susunan berikut ini,..


Subject + to be + noun / adverb / adjective
Am,is,are / was,were


Examples :
1. Tika adalah seorang gadis – Tika is a student
(-) Tika is not a student
(?) is Tika a student ?
2. Tika ada disini – Tika is here
(-) Tika is not here
(-) is Tika here ?
3. Tika pintar – Tika is clever
(-) Tika is not clever
(?) is Tika clever ?

Nah ternyata beda kan..
Untuk subject yg diikuti kt kerja / verb tidak perlu disertai to be kecuali klo tensesnya dalam bentuk continuous (sedang)

Sekedar untuk latihan aja neh.. coba yuk kita translate bareng2.. digabung dg materi MEMBUAT KALIMAT (1) ya.. biar tau perbedaannya.

Exercises 2 .

1. saya baik2 saja kemarin
2. saya baik2 saja hari ini
3. ibuku seorang guru 10 thn yg lalu
4. ibumu bukan seorang guru 10 thn yg lalu
5. kamu seorang siswa yg pandai ketika aku bertemu kamu thn lalu.
6. Titi kamal seorang aktris yg cantik dan suka makan melon
7. kemarin saya pintar, hari ini saya pintar, & besok saya akan pintar
8. kemarin saya pergi, hari ini saya datang & besok saya akan pergi
9. apa mereka disini kemarin ?
10. apa mereka makan jeruk kemarin ?

nah silahkan dicoba dulu ya, mo tanya boleh klo belum jelas..
selamat mencoba…

date Kamis, 23 Juli 2009

0 komentar to “ ”

Leave a Reply:

About Me

jepara, central java, Indonesia
Dear readers, I’m an English teacher at SMKN 3 Jepara. My name is Liza Kurniany Coryhendrayany. My nickname is Meimei , just call me Miss Liza. I was born in a cold little city, Wonosobo, Central Java, in January 5th, . My hobbies are reading & traveling. I ‘m a married woman with 4 children, they are : *Adnan Maulana Yusuf *Alifia Fatika Rahma *Aiso Rasyid Shiddiq *Alyssa Nadya Irawan And surely I have only one husband, Tjie Agus Bambang Wisnu Irawan Nasution, the best man I’ve ever met. My favorite movie is action movie, the most favorite actor is Mr. Steven Seagal. My favorite music is pop music, and I think Scorpion from Germany is the best musician I have ever known,… the best singer is Celine Dion from Canada. Well,.. her voice is really amazing… Livin’ my life without music is just like lemon tea without sugar, Do you feel the same ?..